Kesehatan

KESALAHAN! Tidak Tahu Perbedaan GERD dan Maag

KESALAHAN! Tidak Tahu Perbedaan GERD dan Maag

Tidak banyak orang Indonesia yang tahu tentang GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Umumnya penyakit yang berhubungan dengan asam lambung selalu dianggap dispepsia atau maag. Padahal GERD adalah penyakit kronis yang bisa menyebabkan kanker kerongkongan atau kanker perut.

“Asam lambung bisa naik dan menyebabkan luka di kerongkongan Lama-lama bisa menjadi kanker kerongkongan,” kata pakar penyakit dalam dan konsultan penyakit Gastroenterologi dan Divisi Gastroenterologi Departemen Penyakit Dalam FKUI / RSCM dr Ari Fahrial Syam SpPD KGEH , MMB

GERD adalah kondisi arus balik dari isi perut ke kerongkongan yang menyebabkan gejala yang mengganggu komplikasi.

Aliran asam lambung ke kerongkongan bukan hanya memicu sindrom GERD (seperti peningkatan aliran isi lambung ke kerongkongan atau regurgitasi atau nyeri dada terbakar, mulas) tetapi juga menyebabkan sakit tenggorokan atau esophagitis. Reaksi balik lambung juga dilaporkan menyebabkan sindrom atipikal (seperti asma refluks) yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan sulit diobati.

GERD yang tidak diobati dengan baik dapat menyebabkan komplikasi seperti penyempitan kerongkongan, kerongkongan esofagus dan suatu kondisi yang disebut Barrett’s esophagus (pembentukan jaringan terjadi di dinding esofagus seperti yang ditemukan di usus). Jika ini terjadi, jalannya penyakit ini terkait dengan kanker kerongkongan.

“Saat ini di Indonesia tidak ada angka pasti tentang jumlah pedaging GERD, namun dari basis rumah sakit yang bisa ditelusuri ada sekitar 20 persen dari total pasien yang datang ke De Parent Science of Disease dalam keluhan gejala GERD dari ringan. Untuk parah, “kata dr Ari.

Faktor risiko GERD untuk penyakit ini antara lain obesitas, tidur terlentang (setelah makan langsung ke tempat tidur), merokok, alkohol, kopi dan stres.

“Kopi meningkatkan asam lambung, sekaligus stres, jika ada yang tidak beres di otak, maka otak memerintahkan perut untuk memproduksi asam lambung,” kata Dr. Ari.

Dr Mary Josephine dari PT AstraZeneca Indonesia mengatakan, dibandingkan negara-negara lain di Asia, Filipina 17 persen dan Taiwan 13 persen, hanya sekitar satu persen orang Indonesia yang mengetahui GERD apakah mereka menderita GERD selama bertahun-tahun sebelum mengetahui bahwa Ada Solusi sederhana untuk rasa sakit mereka

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang komunitas GERD bisa mengakses website http://obatgerd.zahraherbal.co.id dimana ada konsultasi online.

— Baca Juga —

Asam Lambung Anda Masih Sering Kambuh? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

Herbal Untuk Mengobati Asam Lambung atau GERD

Manfaat Akar Ginseng Untuk Kesehatan

Posted By : Obat Ampuh Untuk GERD
Ilyas Ruhiyat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s